RSS
Fix_Left

Sejarah Kenari dan Penangkaran

Burung kenari merupakan burung yang dikenal suka bernyanyi dengan suara panjang dan harmonis serta berbulu kuning cerah. Burung kenari dapat hidup sendiri maupun berkelompok, dan relatif mudah untuk berkembang biak di penangkaran. Bagi penghobi kenari cenderung untuk memilih jenis jantan karena bernyanyi lebih indah.


Asal Burung Kenari 
Seperti namanya burung kenari berasal dari kepulauan azores yang dibawa ke eropa pada abad ke-14 kenari, yaitu  dibulan Juli 1402 di pelabuhan Cádiz di Perancis oleh penjelajah dari istana Raja Charles VI Norman, Jean de Bethencourt, yang menawarkan hadiah berupa burung kenari kepada Raja Henry II dari Castile.

Selama hampir 100 tahun, pada tahun 1493, Spanyol mulai memperdagangan dan mengembangkan burung kenari, dan memonopolinya serta larangan ekspor burung betina dari spesies ini. Monopoli hancur pada akhir abad keempat belas dengan karamnya kapal  dekat Pulau Elba. Adanya transportasi kapal dari kepulauan kenari maka perdagangan spesies burung ini telah menyebar ke seluruh Eropa.

Penangkar biasanya tidak menciptakan varian baru berupa corak warna bulu tetapi lebih memperhatikan pembentukan suara nyayian dengan melakukan observasi berbagai varietas burung yang dihasilkan, dimana melihat tingkat adaptasi dan kemampuan burung dalam merekam/mastering suara yang ada disekitarnya.

Varian Kenari
Mungkin ini perkembangan yang luar biasa pesat dimana awalnya burung kenari hanya dikenal 30 varietas, setelah dikembangkan terbentuk lebih dari 300 ras/jenis, antara lain kenari strip, kenari motati, kenari cocos(spesies dari burung parrot). Secara garis besar kenari dibagi menjadi 3 kelompok utama:
  1. Kenari Penyayi (Song Canaries ) - 3 ras
  2. Kenari Warna (Colourbred Canaries ) - 282 ras
  3. Kenari Postur/body (Type Canaries ) - 25 ras
Taksonomi Kenari
Kingdom:      Animalia
Phylum:         Chordata
Class:            Aves
Order:           Passeriformes
Family:          Fringillidae
Genus:           Serinus
Species:         Serinus canaria
Subspecies:   Serinus canaria domestica

Perawatan Kenari
Pemberian makan yang bervariasi pada burung kenari sangat berpengaruh sebab akan membuat burung sehat secara optimal. Makanan utama burung kenari adalah biji-bijian seed dan sayuran serta buah. Selain itu perlu diberikan suplemen vitamin agar kecukupan gizi terjamin.

Bila burung kenari anda teridentifikasi kekurangan protein maka berikan EF(Extra Fooding) telur rebus(biasanya telur puyuh-sangat tinggi kandungan proteinnya). Untuk burung yang akan bertelur juga wajib diberikan telur rebus dan juga kalsium sebagai bahan dasar untuk pembetukan cangkang telur serta jangan lupa grit( tulang sotong ). Sumber bacaan dari http://www.aquaticcommunity.com dan http://www.backyardbirdcenterkc.com


 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment